Mereguk Berkah dan Raih Sukses bersama UNU NTB



Ilustrasi, sempatbaca.com



Apalah gunanya sukses tanpa keberkahan. Karena itu pencapaian segala sesuatu dalam kehidupan ini terletak pada keberkahan


SEMPATBACA.COM - RAIHLAH sukses dan reguk keberkahan itu semaksimal mungkin.


Menurut bahasa, berkah --berasal dari bahasa Arab: barokah (بركة), artinya nikmat (Kamus Al-Munawwir, 1997:78). Istilah lain berkah dalam bahasa Arab adalah mubarak dan tabaruk.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.


BACA JUGA : Kren Abis, Ta'awanu Akademik, UNU Hadirkan Menteri dan Para Kiyai


Menurut istilah, berkah (barokah) artinya ziyadatul khair, yakni “bertambahnya kebaikan” (Imam Al-Ghazali, Ensiklopedia Tasawuf, hlm. 79).


Para ulama juga menjelaskan makna berkah sebagai segala sesuatu yang banyak dan melimpah, mencakup berkah-berkah material dan spiritual, seperti keamanan, ketenangan, kesehatan, harta, anak, dan usia.


Dalam hidup anda harus yakin bisa sukses. "Dan ketika kalian adik-adik mahasiswa baru telah memilih UNU sebagai kampus pilihan, yakinlah bahwa UNU adalah kampus terbaik (the best) untuk kalian," demikian diungkapkan Wakil Rektor III UNU NTB, Irfan Suriadiata di hadapan seribu mahasiswa baru saat penutupan acara ta'aruf akademik UNU NTB di Ponpes Darul Quran Bengkel.


Lebih lanjut, diungkapkannya, bahwa kegiatan Taawanu yang saat ini akan berakhir ini wajib bagi mahasiswa. Melalui Taawanu, maka adik-adik mahasiswa baru bisa membuka gerbang proses pembelajaran di kampus kita UNU tercinta.


Mantan aktivis PMII itu juga mendorong, agar Maba, khususnya di UNU, harus mandiri.  "Kalian sudah dewasa. Jauh dari orang tua, karena itu jiwa mandiri harus ada pada diri Maba semua," terangnya.


Yakinlah, sambungnya, kalian akan menjadi orang sukses. "Kampus kita selalu didoakan para sesepuh, para kiyai dan alim ulama," jelasnya.


Rektor UNU Baiq Mulianah mengajak seluruh mahasiswa baru UNU untuk selalu memperbaharui  (update) niat dalam belajar dan mengejar cita-cita.


Kata Rektor yang juga ketua Masyarakat Ekonomi Syariah(MES) NTB, "Tumbuhkan niat kembali. Update niat kita bahwa kita masuk UNU untuk menuntut ilmu".


Masih menurut Rektor UNU, ketika niat sudah lurus, maka pada saat itu Allah sedang bersama kita.


Ingat konsep man jadda wa jadda. Harus ada kesungguhan untuk sukses untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan. Maksimalkan keinginan anda. Maksimalkan ikhtiar.


Penutupan Ta'awanu berjalan meriah. Ada banyak rangkaian kegiatan yang kian membuat seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir tenggelam dalam kebahagiaan acara puncak Taawanu.


Doa penutup langsung dilantunkan pengasuh Ponpes Darul Qur'an Bengkel, TGH Halisussabri.


Kegiatan Taawanu tahun J sungguh luar biasa. Penuh kemeriahan dan keberkahan. Ini tampak ketika orang-orang hebat dan para kiyai hadir membuka kegiatan yang dihelat selama tiga hari sebagai upaya menyambut kedatangan mahasiswa Baru tahun akademik 2022/2023 di kampus peradaban bangsa (ms/cm)

Post a Comment

Previous Post Next Post