Halal bi halal, Berlebaran dan Berleburan



Ustad H Mahsun Al-Hikami (ilustrasi, sempatbaca.com)

Berlebaran itu untuk berleburan. Melebur dosa. Kita saling memaafkan. Jangan sampai berlaburan dosa lagi. Terus pertahankan yang baik-baik


SEMPATBACA.COM - Kurang lebih sudah 27 hari kita ditinggal bulan suci ramadhan. Perasaan sedih tentu masih berkecamuk di dada.

"Bulan ramadhan boleh tinggalkan kita. Tapi isi, esensi, kandungan, gemblengan pada bulan ramadhan tidak boleh hilang dalam diri kita," demikian disampaikan Ust H Mahsun Al-Hikami dalam tausiyah pada kegiatan halal bi halal yang digelar Lembaga RA/TK Ponpes Al-Aziziyah di Musholla Al-Hayyan.

BACA JUGA : Mengagumi Kebesaran Allah Lewat Keindahan Ciptaan-Nya

Pada bulan ramadhan, banyak sekali kegiatan, jenis-jenis ibadah yang bisa dilaksanakan kaum muslim. Selain puasa, membaca Al-quran, sholat tarawih, witir, sholat malam dan lainnya. Semua ibadah-ibadah tersebut merupakan kita mendekatkan diri kepada Allah. Pokoknya melalui ibadah-ibadah di bulan ramadhan, kita akrab dengan Allah.

"Kita akrab dengan Allah melalui ibadah-ibadah yang mesti dikerjakan, tarawih, witir, puasa dan lainnya," ujar pengajar di Ponpes Ad-Dinul Qayyim itu.

Lebih lanjut dikatakannya, kebaikan itu walau bagaimanapun mesti berhubungan dengan hubungan antar sesama.

Sebelum melaksanakan hari raya Idul Fitri, Allah memerintahkan kita untuk mengeluarkan zakat. Berkaitan ini, maka "Zakat itu bukti kita perlu dan harus memperhatikan antar sesama," jelasnya.
Ditegaskannya, bahwa "Orang yang jauh dari sesama juga itu jauh dari surga".

Orang yang saling memaafkan itu adalah orang yang bersekongkol dalam kebaikan.


Dan melalui pertemuan wali murid - guru dalam kesempatan (hari ini, red) kita bisa memperkuat silaturahim antar sesama.

"Alhamdulillah, nikmat umur di pagi mulia ini kita dapat manfaatkan. Kita bisa silaturrahmi antara wali murid TK dan guru-guru," terang Mahsun.

Ditambahkannya, berlebaran itu untuk berleburan. Melebur dosa. Kita saling memaafkan. Jangan sampai berlaburan dosa lagi. Jika kita bisa pertahankan insya Allah kita akan menjadi mulia.

#halalbihalal #berleburan #puasa #sempatbaca

Post a Comment

Previous Post Next Post