UNU NTB Dorong Mahasiswanya sebagai Penggerak Perubahan Sosial



Kegiatan silaturrahmi dan pelatihan jurnalisme online gelombang pertama untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi  (ilustrasi, sempatbaca.com)

 

Pengetahuan bagaimana mengkomunikasikan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan kreatif seperti jurmalistik itu sangat penting.


SEMPATBACA.COM- Jurnalisme punya peran sangat penting. Salah satu Profesor dari Ludwig-Maximilians-Universität München, Jerman, Thomas Hanitzsch
dalam presentasinya tentang Worlds of Journalism Study (2016) mengungkapkan bahwa Jurnalisme memiliki peran dalam menggerakkan perubahan sosial dan mengatur agenda publik.

Mahasiswa sebagai agen perubahan sosial dengan ini kemudian harus turut serta berkontribusi untuk gerakan perubahan sosial ke arah positif.

Karena itu dibutuhkan skill jurnalisme yaitu menulis dan membaca yang baik dan memadai guna mengisi ruang-ruang terbuka yang serba online seperti media sosial facebook, Instagram, dan media online lainnya.

Perguruan tinggi (PT) sebagai lembaga yang melahirkan generasi dan insan cerdas sudah seharusnya menyiapkan generasi pelajar masa depan bangsa agar siap hidup di era digital. Kemampuan analisis khususnya untuk memilah dan memilih informasi yang berguna dalam hal mengukur serta memecahkan masalah menjadi sangat esensial di masa mendatang. Lagi pula, bukankah sebuah peradaban maju karena kemampuan analisis yang baik untuk memecahkan masalah?


Narasumber dan para pengurus UKM dan BEM UNU NTB saat kegiatan silaturrahmi dan pelatihan jurnalisme online


Hal penting itulah yang mendasari diadakannya kegiatan Silaturrahmi dan Pelatihan Jurnalistik bagi Maba di UNU NTB, yang dalam hal ini diinisiasi oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) dan BEM UNU.

Kaprodi EI Abdul Muthalib mengapresiasi kegiatan silaturrahmi dan pelatihan jurnalistik yang bisa menjadi daya gerak perubahan sosial. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari penguatan literasi agar mahasiswa terbiasa menggembleng diri untuk menulis. "Kalau sudah mau nulis, kemauan membaca secara otomatis lahir, dan dapat mendorong mahasiswa untuk maju dan berkembang," tuturnya.

Ketua BEM UNU Arifi mengungkapkan pentingnya memperkuat silaturrahmi berkegiatan termasuk giat hari ini.

Dia juga menekankan pentingnya berorganisasi. Ditambahkan Arifi, mahasiswa harus mampu menjadi generasi intelek. Selain itu, kita sebagai mahasiswa harus menjadi yang terdepan dalam agent of change dan agen of control di tengah tengah masyarakat. "Kita, anda dan rekan-rekan MABA jangan jadi mahasiswa kupu-kupu. Kalau mahasiswa kupu-kupu itu ya, kampus rumah, rumah kampus. Kata lainnya, selesai kuliah pulang begitu seterusnya," terang Arifi.

"Pengetahuan jurnalistik ini penting untuk mengembangkan kreatifitas berfikir dan berimajinasi," kata Masyhur selaku narasumber.

Dia menambahkan, melalui kreatifitas berfikir dan berimajinasi, akan melahirkan ide dan gagasan yang baik dan bisa dibaca publik. Banyak hal yang bisa dibranding dari kemampuan menulis yang baik. "Baik kita membangun brand yang sedang kita gagas, kita kembangkan, terlebih lagi membangun ciri/identitas terkait dengan bidang dan keilmuan yang hendak digeluti," terangnya.

BACA JUGA : Mahasiswa KKN UNU Latih Remaja Masjid di Bidang Wirausaha Se-Desa Pengembur

Narasumber lain, Muh Ya'kub mendedahkan betapa pentingnya mahasiswa untuk menikmati proses dalam pelaksanaan kuliah. Juga proses proses beroganisasi selama menjadi mahasiswa yang mendorong pada pengembangan ilmu dan pengetahuan "Kita harus menikmati proses dulu. Jangan banyak protes. Nah ini yang terpenting" tegas Ya'kub.



Mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dalam kegiatan silaturrahmi dan pelatihan jurnalisme online

Kegiatan silaturrahmi dengan MABA khususnya di lingkungan Fakultas Ekonomi dan pelatihan jurnalistik dilaksanakan secara bertahap karena terkait PPKM, yakni pada tanggal 9 Agustus dan 28 Agustus di Aula UNU NTB. Diikuti seluruh MABA di Fakultas. Sejumlah UKM, HIMEI, Pengurus BEM dan lainnya ikut serta mensukseskan kegiatan.

Sebagai rencana tindak lanjut (RTL) dari kegiatan, seluruh peserta diminta untuk menuangkan ide dan gagasannya dalam tulisan terkait pengalaman sedang dan akan menjadi mahasiswa di UNU dan rencana tentang cita-cita, harapan dan masa depan sebagai mahasiswa.

2 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post