Hendra dan di PT Melia Sejahtera

 


Foto, ilustrasi sempatbaca.com


Aktivitas bisnis dapat membentuk mental yang kuat, selain mengakar harkat dan martabat. Juga membantu perekonomian keluarga, menjadi lebih mandiri, dan untuk mencari pengalaman dan wawasan 


By : MAMLAATUL AZIZAH

 

Yuzril Izza Mahendra--demikian nama lengkap pria yang akrab disapa Hendra, salah satu mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB.

Hendra merupakan seorang mahasiswa kesehatan, jurusan S1- farmasi tidak hanya aktif di lingkungan kampus namun mahasiswa usia 20 tahun itu juga aktif di salah satu organisasi/perusahaan bisnis yakni PT MELIA SEJAHTERA.

Dia mengikuti bisnis di PT Melia sehat sejahtera dengan berjualan produk propolis. Pernah denger propolis? Saya yakin udah banyak yang tahu apa propolis itu. Propolis itu cukup bagus untuk kesehatan tubuh kita. Alasannya mengikuti bisnis ini adalah untuk membentuk mental yang kuat, mengakar harkat dan martabat orang tua, membantu perekonomian keluarga, menjadi lebih mandiri, dan untuk mencari pengalaman dan wawasan. Di umur dia yang ke 20 tahun ini, dia bisa berpikir untuk membantu kedua orangtuanya. Bisnis yang dimulai mahasiswa yang masih duduk di semester itu dirintis sejak tahun 2020 lalu, tepatnya 26 Oktober.

BACA JUGA  : Sepenggal kisah Ibu Rehanah

Awal ketertarikannya dan alasannya dalam nimbrung dalam bisnis PT Melia, berawal dari keinginannya agar bisa bermanfaat untuk meopang kehidupan ekonominya. Selain itu, ketertarikannya pada jenis bisnis itu, juga berawal dari cerita-cerita salah satu sahabatnya. “Yang mengenalkan saya bisnis ini, adalah salah seorang sahabat saat duduk di bangkus SMK dulu,”kenang putra H Awaluddin itu.

Dalam bisnis, tentu suka duka pernah dijalani setiap orang, termasuk Hendra. Dia cerita ke saya, “Di awal menjalankan bisnis, ada banyak sekali kesulitan saat baru mulai. Ambil missal; susahnya cari jaringan, cari pelanggan. Belum lagi, resiko penolakan dari para pelanggan yang belum paham tentang produk”.

Modal awal yang ia rogoh dari kantongnya memang tidak terlalu besar. Tapi tergantung paket apa yang di ambil. Saat baru mulai, Hendra menjelaskan: dia mencoba gambil 3 paket, kebetulan juga saat itu ada tabungan lumayan. Dalam sehari, ia dapat 350-415 ribu. Sedangkan sebulan, setara gaji UMR; sekitar 1,2 juta. Hmmm…kren juga ya.

Hebat juga ya sahabat Hendra. Pengalaman Hendra secara tak langsung bikin iri. “Dia saja bisa, kenapa kita gak bisa”. Ada rasa iri dalam hati jika melihat orang lain berani dalam berbisnis. Lantas Hendra bilang gini ke saya "Dek, kalo kita ditakdir buat berbisnis oleh Allah, insya Allah bisa. Kalau misalnya ditakdir wisuda juga, pasti bisa. Intinya, jangan berkecil hati. Yakinlah rencana Tuhan jauh lebih baik dari rencana kita, libatkan terus Allah SWT dalam setiap langkah insyaallah jika di mulai dari bismillah semua akan mudah."

Selanjutnya, saya perlu ulas juga manfaat produk yang dijual Hendra. Antara lain sebagai berikut : Sebagai Detoksifikasi. mengeluarkan zat racun dalam tubuh. Sebagai Anti Biotik alami, misalnya menjaga, meningkatkan imunitas daya tahan tubuh, biar tidak gampang sakit. Sebagai Anti oksidan, merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Juga memberikan nutrisi. Maksudnya, menyeimbangkan nutrisi yang kurang serta membantu mempercepat penyembuhan penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat, seperti: batuk, astmha (asma), bronchitis, sinusitis, flu, demam, luka benda tajam atau bakar, infeksi kulit, telinga, gigi, gusi, jerawat, herpes, kanker atau tumor, jantung, diabetes, darah tinggi, magh dan lainnya.

Di dalam Al-Qur'an, produk propolis ini disebutkan manfaatnya. " ..Akan keluar dari perut (lebah) cairan beraneka warna (air liur) padanya ada obat bagi manusia" (QS.An-Nahl:96). Propolis merupakan air liur lebah yang bercampur dengan pucuk daun muda dan getah pohon yang dihisap lebah.

 

Penulis, Penulis adalah Mahasiswa FE UNU NTB semester II

Editor : Ayiq

Post a Comment

Previous Post Next Post