Apapun Pekerjaan dan Profesimu, Syukurilah

 


Foto: ilustrasi sempatbaca.com


Bersykurlah atas apa saja nikmat karunia yang Allah berikan. Bersykur bisa nambah segala sesuatu yang baik dan yang baik itu adalah kebaikan bagi kita semua.


By: SERLINA LESTARI


Syukur

Rasa syukur itu yang seperti apa sih? Apa sih peran rasa syukur dalam menyukseskan Bisnis seorang pengusaha?

Bersyukur adalah menerima segala apapun yang diberikan Tuhan, menjalani kehidupan yg sudah ditentukan oleh Tuhan. Intinya adalah menerima segala sesuatu dengan ikhlas, tabah dan sabar. Salah satu wujud bersyukur adalah menerima segala apapun yang di berikan tuhan, menjalani  kehidupan yg sudah ditentukan oleh tuhan. Intinya adalah menerima segala sesuatu dengan ikhlas, tabah dan sabar.

Sesukses apapun seorang pengusaha, pasti Ia pernah mengalami rasa sedih dan derita. Penderitaan pada dasarnya memang tidak bisa dihindari. Dan setiap pengusaha memang tidak dididik untuk menghindari penderitaan, mereka tercipta untuk menerima dan menghadapi penderitaan dan kenyataan pahit.

BACA JUGA : Apapun Pekerjaan dan Profesimu, Syukurilah !!!

Mustahil kita bisa memikirkan ide-ide baru atau memahami pengalaman baru tanpa melangkahkan kaki kita terlebih dulu keluar dari zona nyaman. Siapapun pengusaha yang sudah mencapai kesuksesan besar, Ia pasti sudah pernah menghadapi kegagalan demi kegagalan. Karena tidak ada individu yang selalu menang dalam setiap percobaan.

Definisi lain terkait Bersyukur, adalah salah satu sikap ajaran Islam. Mensyukuri apa yang Allah telah berikan kepada kita sebagai hambanya akan menambah nikmat yang akan Allah berikan kepada seorang hamba. Pandai bersukur juga dapat menjadikan seseorang bersikap tenang dan memiliki kepribadian yang tentram.

Al-Quran secara tegas menyatakan, bahwa manfaat syukur akan kembali kepada orang yang

bersyukur. Sebaliknya, ketika manusia tidak bersyukur, maka manusia itu sendirilah yang akan

merasakan dampaknya. Allah SWT berfirman, “Barang siapa yang bersyukur, maka hal itu adalah untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barang siapa yang ingkar, sesungguhnya Allah SWT itu Maha Kaya dan Mulia,” (QS. An-Naml : 40).

Bersyukur atas pencapaian yang ada dan dukungan dalam hidup, membantu kita melihat lebih jelas, membangun kepercayaan diri, dan memberi kita pandangan keseluruhan yang lebih baik tentang apa sebenarnya yang menjadi keterbatasan kita dan apa yang harus kita lakukan untuk mengatasinya. Dengan membangun sikap bersyukur berarti kita membatasi kerusakan pengaruh negatif dan memperkuat dampak pengaruh positif pada diri kita sendiri. Bersyukur selama menghadapi masa-masa yang sulit dalam kehidupan pribadi atau bisnis akan mengarahkan sikap kita ke arah yang lebih positif.

Hal ini memungkinkan pengusaha yang menderita kerugian atau masalah bisa kembali bangkit dan menata bisnisnya tanpa berlama-lama baper dan bersedih hati.

 

Mengapa Untuk Menjadi Pengusaha Sukses Harus Pandai Bersyukur?

Penelitian menunjukkan bahwa mengungkapkan rasa terima kasih bisa meningkatkan harga diri dan ketahanan. Berterima kasih juga bisa meningkatkan tekad dan energi positif. Orang yang mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang lain memiliki lebih sedikit rasa sakit, lebih sedikit masalah psikologis, dan lebih banyak istirahat. Semua faktor itu akan membantu mereka untuk menjadi lebih produktif. Billionaire Coach (25 Maret 2019).

Ingatlah bahwa dalam roda bisnis, tak selamanya kita berada di atas. Ada kalanya suatu saat kita akan jatuh dan terpuruk. Kadang hari ini penjualan merosot, sumber daya manusia terbaik yang Anda miliki mengundurkan diri, hasil produksi kita tidak berkualitas, dan lain sebagainya. Kesulitan apapun yang akan kita temui, tetap latihlah diri kita untuk selalu bersyukur setiap harinya.

Selain itu, entrepreneur juga akan bisa menyelesaikan masalah itu dengan baik karena ketika

bersyukur, bisa jadi masalah itu sudah menjadi bagian dari ujian Allah SWT untuk membuat para entrepreneur untuk bisa “naik kelas” kalau mereka bisa menyelesaikan dengan baik. Rasa syukur akan membawa entrepreneur untuk memiliki kerangka berfikir tentang bagaimana seharusnya mereka melihat masalah dengan kaca mata yang berbeda.

Saya jadi teringat, salah satu ayat dalam Alqur’an yang artinya kurang lebih seperti ini: “Nikmat Allah manakah yang engkau dustakan”…. Melalui ayat itu, dapat ditangkap makna bagaimana Allah SWT itu sebenarnya sudah menyediakan nikmat bagi setiap umat manusia dan tinggal bagaimana manusia itu melihatnya agar bisa tetap bersyukur. Hanya saja, banyak manusia melihat dari kacamata negative sehingga terlihat masalah itu bukanlah sebagai nikmat.

Oleh karena itu, entrepreneur mulailah untuk bersukur kepada Allah dengan selalu mengingat Allah SWT. Ingat bahwa Allah SWT itu salah ada di dekat kita. Itu yang pertama. Yang kedua adalah selalu berzikir kepda Allah SWT dimanapun dan kapanpun. Zikir dengan menyebut Allah SWT. Ketiga, merasakan bahwa masalah itu datangnya dari Allah dan dikembalikan kepada Allah. Artinya, berusaha dan berdoa kepada-Nya untuk dibantu solusi untuk masalah tersebut.

Jika kita ingin menjadi seorang pengusaha sukses, berkomitmenlah untuk melatih rasa syukur dalam praktik keseharian. Niscaya kita akan melihat manfaatnya dalam hidup kita. Kita juga akan menjadi orang yang lebih bahagia dan lebih puas terhadap hasil yang kita raih. Kita akan menjadi pengusaha yang lebih produktif dan mampu mengelola emosi di segala situasi.

Itulah Peran Rasa Syukur, agar kita bisa sukses. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa memotivasi kita semua untuk menjadi pribadi yang bersyukur dalam segala situasi.

 

Penulis, Mahasiswi FE, Ekonomi Islam 4 UNU NTB

Editor: Ayiq

Post a Comment

Previous Post Next Post