Pengurus NU, Selalu jadi Depan Bantu Warga yang Kena MUSIBAH

 

Pengurus NU Lobar hampir tak pernah mau ketinggalan bila terjadi bencana, khususnya di Lombok Barat. Kemarin pengurus NU, mampu membuat warga tersenyum dan bahagia meskipun sedang ditimpa musibah. Pengurus NU datang membantu dan meringankan sesama.  (ilustrasi, sempatbaca,) 


Tentu, LPBI, LazisNU, tidak boleh sendirian. Kita, anda (siapa saja) yang punya kelebihan rizki, boleh menyalurkan infaknya untuk kemanusiaan. Berikut nomor rekening BNI:0871155544 an. LazisNU LOBAR.


 

SEMPATBACA.COM-  Belakangan ini, cuaca nyaris tak bisa diprediksi. Pun kemudian, manakala hujan turun, durasi waktu terjadinya relatif lama. Belum lagi angin yang melaju kencang menyatu bersama derasnya hujan yang turun.

Di beberapa desa di kabupaten Lombok Barat, kondisi demikian, menimpa kawasan sekitar Sekotong. Tak heran, terjadinya banjir bandang, yang terjadi Sabtu malam (30/01) cukup mencemaskan warga.

Mengetahui kejadian itu, pengurus Pengurus PCNU Lobar bersama sejumlah lembaga di bawahnya seperti LPBI NU, LazisNU tidak tinggal diam. Paginya, Minggu (31/01) Keluarga Besar PCNU Lobar bersama rombongan sejumlah lembaga dan banom langsung menyambangi korban terdampak banjir. PCNU juga membuat posko tanggap darurat bencana di Pondok Pesantren Ijtihadul Mu'minin Desa Sekotong Tengah. Meski ditimpa banjir, ponpes yang dipimpin TGH. Hamdi tidak terlalu parah.

Dalam Kunjungan Keluarga besar PCNU Lombok Barat ini membawakan paket sembako terhadap warga yang paling terdampak untuk mengurangi beban ekonomi karena untuk menunggu air surut warga tidak bisa keluar untuk melakukan aktivitas pekerjaan.

Kronologi terjadinya banjir menurut pengakuan Putrawadi, bermula sekitar pukul 19.00, air dari pegunungan turun sampai ke laut. Hal ini kemudian meluap ke pemukiman warga. “Nah inilah salah satu penyebab terjadinya banjir. Intensitas hujan juga cukup besar," ujar Putrawadi Kepala Dusun Telaga Lebur Desa Sekotong Tengah.


BACA JUGA : PCNU Lobar, Sambangi Korban Longsor


Dia mengungkapkan, begitu air meluap seluruh warga berbondong-bondong menyelamatkan diri dan menyelamatkan hewan peliharaan seperti sapi dan kerbau ketempat yang lebih aman.

Pantauan tim sempatbaca.com, banjir juga rentan terjadi, karena secara geografis situasi dataran rendah dan dataran tinggi di wilayah Sekotong dan pemukiman yang dekat dengan bibir."Kalau pembalakan liar dan pengerukan sumber daya alam dipegunungan tidak ditertibkan maka Sekotong akan tetap berlangganan banjir setiap musim hujan,” tutur Hamroni wakil ketua PCNU Lobar disela-sela kunjungan".

Di sisi lain, lanjut Hamroni, sistem drainase juga harus diperbaiki karena tidak ada jalan air mengalir dengan baik.


BACA JUGA :Satgas Peduli Covid Mataram dan LPBI NU Lobar, Kolaborasi Cegah Covid-19


Kunjungan PCNU Lobar bersama LPBI, LazisNU dan yang lain, dipusatkan di tiga lokasi yang paling terdampak yaitu Dusun telaga Lebur, Dusun Elak Juring Desa Sekotong Tengah dan Dusun Madak Desa Cendi manik. “Kami sangat senang. Kami di sini merasa sangat terbantu dengan kehadiran sesama, terutama sekali warga NU yang ada di Lobar,” ujar salah seorang warga kepada sempatbaca.com, saat melihat banyak sekali warga NU.

Tentu, LPBI, LazisNU, tidak boleh sendirian. Kita, anda (siapa saja) yang punya kelebihan rizki, boleh menyalurkan infaknya untuk kemanusiaan. Berikut nomor rekening BNI:0871155544 an. LazisNU LOBAR.

 


Post a Comment

Previous Post Next Post