LP2M UNU NTB, Bekali Mahasiswa PKL-PLP

 

Kegiatan pembekalan PLP dan PKL yang dilaksanakan LP2M UNU NTB (Ilustrasi, SempatBaca.com)


SempatBaca.com- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) melaksanakan kegiatan pembekalan kepada puluhan mahasiswa yang siap disebar dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan dan Praktik Kerja Lapangan (PLP-PKL). Kegiatan pembekalan dilaksanakan di Aula UNU NTB, pada Senin (09/11).

Ketua LP2M UNU NTB, L.M.Yudha Isnaeni, mengungkapkan bahwa mahasiswa yang akan melaksanakan PLP dan PKL, harus diberikan pembekalan terlebih dahulu. “Iya semacam breefing, agar nantinya ketika di lapangan mahasiswa kita tidak gamang, dan bingung-bingung,”ujarnya. Sejumlah pejabat, Kaprodi, dosen dan narasumber hadir dalam kegiatan pembekalan tersebut.  

BACA JUGA : Kren, Berkat Kinerja Bagus, UNU Kembali Melatih Kepala Sekolah Se Indonesia


Mahasiswa harus bisa Serap Ilmu di Lokasi PLP-PKL

Kaprodi, dosen dan pemateri pembekalan, mendorong agar seluruh mahasiswa mampu memanfaatkan secara maksimal pelaksanakaan PLP-PKL. Sebab banyak proses dari kegiatan PLP-PKL yang bisa dimanfaatkan sebagai pembelajaran untuk mahasiswa.

Menurut Kaprodi ekonomi Islam, Abul Muthalib, proses-proses yang terjadi di lapangan itu adalah proses pembelajaran. Untuk itu, kata dia, mahasiswa harus menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari situ.

Hal senada diungkapkan kaprodi Farmasi. Ade mengatakan mahasiswa harus betul-betul menjadikan lokasi PLP-PKL itu sebagai tempat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya.

Mental dan sikap bagi mahasiswa yang akan melaksanakan PLP-PKL juga menjadi hal penting yang disampaikan narasumber dan Kaprodi. Didin, Kaprodi dari jurusan Sosiologi mengungkapkan, mental dan sikap itu yang perlu dibangun oleh mahasiswa. Dia menambahkan perlunya mahasiswa merencanakan apa yang dilakukannya nanti secara matang. “Mahasiswa perlu melakukan perencanaan pembelajaran,”imbuh dia.

L. Aulia yang juga narasumber, menekankan hal yang sama kepada mahasiswa agar mental itu dipersiapkan betul-betul. “Mental harus dipersiapkan betul sebelum kalian (mahasiswa, red) menuju lokasi PKL/PPL,”terangnya kepada peserta pembekalan. Selain itu, sambung Aulia, mahasiswa-mahasiswi perlu observasi lebih dulu lokasi PPL.

Narasumber lain, menyampaikan kepada mahasiswa untuk membuat planning agar PLP-PKL berjalan efektif. Selain itu, pentingnya mahasiswa untuk menjaga nama baik kampus selama berada di lokasi PLP-PKL. Terkait situasi Pandemi, kegiatan PLP-PKL menggunakan dua system: Offline dan Daring (online), salah satunya jurusan ilmu Gizi.

BACA JUGA : Melakukan yang Biasa Saja, Kan Rugi, Rektor UNU: Harus Punya Mutu dan Kualitas !

 

Kegiatan PLP-PKL UNU tahun ini tersebar di berbagai kabupaten dan kota di NTB. Mukminah, selaku panitia dari LP2M juga merinci lokasi PLP-PKL mahasiswa UNU tahun 2020. “Ada yang di sekolah, baik tingkat SD/MI, dan SMA. Juga ada yang di Perbankan, instansi dan lainnya,” terang dosen PGSD itu.

Mukminah juga mengungkapkan kepada mahasiswa agar tetap kordinasi dengan DPL. “Ingat, kalian (mahasiswa, red) jangan canggung di lokasi. Manajemen diri kalian sebagai mahasiswa agar semuanya berjalan lancar. Kalian juga sukses,”tutupnya (AN-SB).

Post a Comment

Previous Post Next Post