Satgas Peduli Covid Mataram dan LPBI NU Lobar, Kolaborasi Cegah Covid-19

 

Kegiatan Workshop LPBI dalam upaya pencegahan Covid-19 (Ilustrasi, SempatBaca.com)


SempatBaca.com- Kerja bareng, atau dalam istilah yang lebih kren: kolaborasi, sangat dibutuhkan untuk melakukan aksi-aksi nyata dalam kehidupan sosial masyarakat. Tak terkecuali upaya untuk melakukan pencegahan terhadap pandemi global yang hingga saat ini masih menjadi persoalan yang tak bisa dianggap remeh.

       Dalam kaitan pencegahan Covid tersebut, salah satu lembaga yang bernaung di bawah NU, yakni LPBI NU yang ada di Kabupaten Lombok Barat, terus melakukan upaya-upaya nyata sekaligus mengandung nilai edukasi dalam memutus rantai pencegahan Covid-19.

       Sebelumnya, berbagai program dan aksi nyata yang telah dilakukan LPBI NU. Kini LPBI melaksanakan workshop untuk membuat panduan bersama masyarakat dalam kampanye pencegahan Covid-19 berupa penyusunan standar operasional prosedur terkait pencegahan.

Agar berjalan maksimal dan lebih efektif, dua desa menjadi lokasi sasaran dalam workshop yang dihelat LPBI NU.



Workshop dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari Rabu dan Kamis (14-15/10) bertempat di masing-masing aula Kantor Desa; Mekarsari dan Desa Batu Kumbung.

BACA JUGA : Kren, Disdukcapil-LPBI NU, Bergandeng Tangan, Maksimalkan Layanan Adminduk

Tujuannya penyusunan standar operasional prosedur (SOP) adalah agar masyarakat punya panduan untuk beradaptasi dalam situasi tatanan baru.

Puluhan relawan (Pokja) pencegahan Covid-19 di dusa Desa tersebut ikut serta dalam kegiatan workshop. Sekitar 40 orang lebih dari Mekarsari dan 49 dari desa batu Kumbung.

Pertemuan ini dipandu oleh tim lokal PKMM Covid-19 Kab.Lobar dibantu oleh pemerintah desa Mekarsari, jejaring relawan dan satgas Covid-19 kota Mataram. "Kami turut ambil andil untuk membantu teman-teman LPBI NU Lobar karena ini merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kota Mataram," kata Baidhawi selaku ketua NU peduli Covid-19 Kota Mataram.

Lebih lanjut Baidhawi menjelaskan bahwa upaya untuk kerja sama antar lembaga dalam pencegahan Covid-19 akan menjadi kuat jika banyak yang proaktif. “Kalau terjadi kerjasama, kita akan lebih kuat. Banyak rekan-rekan yang satu visi untuk berjalan bersama-sama mengkampanyekan protokol kesehatan. Tujuannya,  supaya masyarakat mentaati protokol kesehatan," ujar Baidhawi yang juga pengurus PCNU Kota Mataram.

Substansi dari Workshop ini lebih pada membuat panduan untuk warga dalam menghadapi situasi new normal misalnya saja bagaimana cara masyarakat supaya terhindar dari penularan dan menularkan Covid-19.

BACA JUGA : Biar Tangguh Hadapi Covid, LPBI NU Lobar Lakukan Pendampingan

Hasil dari diskusi membahas bersama dengan masing-masing Pokja akan menjadi media kampanye pencegahan Covid-19 dalam rangka mengedukasi kepada warga supaya mentaati protokol kesehatan.

       Saparudin Ketua LPBI NU Lobar Saat dikonfirmasi tim nuhantb.com mengungkapkan bahwa ini merupakan ikhtiar kita untuk terus melakukan sesuatu yang positif dan membawa kemasalahatan bagi masyarakat. “Kami memfokuskan pada kampanye kepada masyarakat sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat supaya kita semua bisa mentaati protokol kesehatan," tutupnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post