Buku Baru-Filsafat Ekonomi Islam-Sinopsis



SINOPSIS BUKU

Buku Filsafat Ekonomi Islam  berupaya mengurai konsep mendasar mengenai Filsafat yang dikaitkan dengan sistem (Islam, kapitalis dan sosialis). Dari sini, pembaca bisa mengetahui letak perbedaan, meskipun nanti ada titik persamaan antar system ekonomi Islam dengan sistem lainnya. Kita bisa melihatnya secara proporsional sebagai jawaban atas sekelompok orang yang menganggap ekonomi syariah itu tidak ada.

 Bahwa secara filsafati ekonomi syariah (Islam) berbeda dengan sistem yang lain, itu harus jujur diakui. Ini tak terbantahkan. Misalnya ekonomi syariah, dengan konsep paling mendasar yakni tauhid, berikut sumber hukum yang digunakan juga falsafah (ekonomi Islam), yang terdiri dari nilai-nilai dan tujuan. Yang mana sumber nilai dan landasan tujuan ekonomi Islam  bersumber dari Al-quran, hadits dana prinsip-prinsip universal. Dalam praktek nyata,  ketika sistem ekonomi lain hanya terfokus pada hukum dan sebab akibat dari suatu kegiatan ekonomi, ekonomi Islam lebih jauh membahas nilai, etika dan implementasi seruan titah Tuhan di bumi sebagai bukti keberimanan (religious) manusia.

 Ekonomi Islam, boleh saja berada dan memiliki kesamaan dengan sistem ekonomi yang lain, tetapi ia dibedakan oleh seperangkat identitas yang ada pada system ekonomi Islam, dan seperangkat itu tidak lain; ciri dan tanda ekonomi Islam adalah bermuara dari nilai paling utama yaitu nilai tauhid. Dari nilai tauhid, terdapat derivasi nilai yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist.


Ketika sistem ekonomi lain hanya terfokus pada hukum dan sebab akibat dari suatu kegiatan ekonomi, ekonomi Islam lebih jauh membahas nilai, etika dan implementasi seruan titah Tuhan di bumi sebagai bukti keberimanan (religious) manusia.


Perbedaan ciri, tanda dan karakteristik tidak bisa disamakan dengan sesuatu yang lain yang tidak memiliki setara dengan apa yang dibandingkan. Kesamaan boleh jadi terdapat dari benda satu, sistem satu dengan sistem yang lain, tetapi jika menyimpulkan bahwa antar sesuatu yang dibandingkan dengan pembandingnya, tidak bisa disamakan secara keseluruhan.


Judul                    : Filsafat Ekonomi Islam

Penulis                 : Mashur, ME

Editor                   : Andriyanto

Penerbit               : Lakeisha

Tahun Terbit        : 1 Juni 2020

Jumlah Halaman : 221 hlm

Harga Normal      : 60.000

Harga Promosi     : 55.000

Hubungi : 081 936 741 686


Berbeda dengan buku-buku yang sudah ada, menjelaskan terlalu  umum mengenai fislafat ekonomi Islam, maka buku ini mengulas dari awal mengenai apa filsafat, filsafat ekonomi Islam dengan filsafat ekonomi yang lainnya. Apa bedaanya dari sisi ontologis, epistemologi dan aksiologi. Lalu seperti apa titik temu ketiganya?. Nah disinilah letak kelebihan buku ini, dibanding yang lain. Karena itu, bagi yang ingin memahami secara mendasar perbedaan dan titik kesamaan ‘ekonomi Islam’ dengan pemikiran ‘ekonomi’ lainnya, buku inilah salah satu jawabannya. Ulasan isi buku tentang hakikat sesungguhnya dari ekonomi Islam, sistem ekonomi Indonesia dan masa depan ekonomi syariah menambah kian berbedanya buku ini dibanding buku lainnya.  Wahyu Al-Qu’ran sebagai salah satu sumber filsafat ekonomi syariah mampu menjadi pijakan dasar, mengarahkan manusia untuk mengembangkan hidup dan kehidupannya dalam situasi dan kondisi apapun. Menjadi peneguhan bahwa ajaran kehidupan ekonomi tentu berpijak di atas nilai Islam itu sendiri baik teoritis empiris juga rasional (red-SB).

belajar sholawat nariyah : https://youtu.be/7-Q5c5RAECo

Post a Comment

Previous Post Next Post