Lenyap Mimpi Jadi PNS Dua Tahun ke Depan?



                           Design by sempatbaca.com

SEMPATBACA.COM- Tampaknya pupus harapan jadi PNS. hehe. Lenyap mimpi sebagian di antara kita yang selama ini menggantungkan cita-cita jadi abdi negara (PNS, red).

What happen't? Tak lain dan tiada bukan, Pemerintah tidak akan membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam dua tahun ke depan, kecuali untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer.

Parahnya lagi, bukan hanya dua tahun, bahkan seperti dikutip kumparan.com 8 Juli 2020 (lihat, Sri Mulyani Tak Terima CPNS Kemenkeu Selama 5 Tahun, Termasuk dari STAN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan; menghentikan penerimaan CPNS Kemenkeu selama 5 tahun. Start 2020 tahun ini hingga 2024. Kebijakan tersebut termuat dalam Peraturan Menteri Keuangan atau PMK Nomor 77 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024.

Sejumlah media online lainnya, menulis, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan saat ini penerimaan PNS akan dilakukan sesuai kebutuhan.

Katanya lagi, pada (6/7) di Gedung DPR "Rekrutmen CPNS juga perlu kita data. Dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. (Misalnya) Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) yang lain tetap di 2021". Tjahjo menjelaskan, saat ini Presiden Jokowi memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan. Sebab langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.
"Tahap ini kami target selesai akhir tahun," imbuhnya.



Sebelumnya, pemerintah juga mengundur pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Formasi Tahun 2019. Tahap tersebut rencananya akan digelar setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar Sekolah Kedinasan Formasi Tahun 2020. Kemungkinan, tes SKB paling cepat digelar mulai Agustus 2020.

Keputusan tersebut diambil pada Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS formasi tahun 2019 yang berlangsung Selasa, (19/5) melalui Video Conference. Namun, hal itu tetap menyesuaikan dengan status kedaruratan pandemi Covid-19 di Indonesia.

So, jangan terlalu berharap berlebihan. "Sumber kekecewaan adalah berharap terlalu berlebihan," begitu lirik salah satu tembang.

Tetapi yang terus punya harapan untuk jadi abdi negara, tunggu saja keputusan yang disepakati para pengambil kebijakan. Eh keburu lewat umur.wkwk. Oh iya ya.



Post a Comment

Previous Post Next Post