Bukit Wisata Bengkaung dan Perlunya Inovasi Tiada Henti

 

By. Yusril Izza Mahendra

(Mahasiswa FE Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) NTB)


SempatBaca.com- BERBAGAI tempat, lokasi terus menunjukkan eskistensi potensinya untuk dikembangkan di berbagai kawasan; wilayah dan desa khususnya di Kabupaten Lombok Barat.

Setelah wilayah Sekotong dan sekitarnya. Usai sempadan Tanjung Bias di Kecamatan Batulayar dan sekitarnya. Kini bukit wisata Desa Bengkaung yang juga berada di sekitar Batulayar. Keberadaannya, seakan telah menyihir perasaan orang-orang dari berbagai tempat untuk berbondong-bondong datang ke bukit wisata Desa Bengkaung. Fenomena ini, Bagi penulis, tentu tak mengherankan. Apa sebab?

Tak lain, untuk sementara ini, boleh dikata lantaran daya tarik bukit wisata Bengkaung yang luar biasa elok. Menakjubkan.

harus ada inovasi-inovasi yang tiada henti untuk dikembangkan agar bukit wisata Bengkaung, tak hanya berjalan semusim, tetapi setiap musim, eksistensinya terus terjaga dan semakin menarik minat orang untuk datang berkunjung

Lokasi wisata yang terletak di bagian Utara Gumi Patut Patuh Patju, kini menjadi daya tarik wisatawan belakangan ini.

Memang, harus diakui, wisata bukit Bengkaung sangat tepat untuk tujuan rekreasi baik bersama keluarga, kerabat, family. Atau mungkin juga pasangan kekasih yang sedang dimabuk asmara. Terutama sekali, yang doyan, hobi mencari tempat-tempat wisata baru untuk berlibur atau sekedar menghilangkan rasa jenuh.

Di bukit wisata Bengkaung, tak sedikit lokasi yang bisa dijadikan tempat santai, menikmati indahnya panorama perbukitan. Sejumlah kedai-kedai 'tongkrongan' juga banyak. Tinggal dipilih saja. Sesuai selera dan isi kantong.

Salah satu lokasi tongkrongan di sekitar Bukit Wisata Bengkaung

Yang populer dan begitu banyak disinggahi orang-orang, ada Kedai Taman Langit dan lainnya. Jika terlalu sesak pengunjung, pembaca bisa pindah ke beberapa lokasi seperti di Ci Gembot—yang konon ci Gembot disebut-sebut sebagai tempat bersejarah nenek moyang dahulu.

BACA JUGA: sempatbaca.com/2020/07/berburu-view-menakjubkan-di-bukit.html?=1

Di beberapa titik lokasi, jika anda singgah, pembaca bisa menikmati view indah perkotaan dari lokasi tersebut. Lebih dari itu bisa juga selfi dengan latar (background) menakjubkan bagi yang gemar foto. Tak jua perlu khawatir kondisi swafoto apa bagus atau tidak. Sebab tak hanya siang atau waktu sore, situasi malam pun, sangat cocok untuk selfie, ngambil gambar dan sebagainya. Di satu sisi, jika ingin berpose foto pada malam hari, hasilnya kren. Sebab suasana pemandangan lampu warna warni kota akan terlihat jelas dari titik lokasi wisata bukit Bengkaung.

Di sisi lain, jika pengunjung, datang menikmati keindahan bukit wisata sekitar Bengkaung, salah satu faktor yang mendukung adalah masih asrinya keindahan pemandangan panorama alam dan kehijauan perbukitan yang mengelilingi wisata bukit Bengkaung. Ini seakan menjadi pelengkap indahnya wisata tersebut. Menu-menu tradisional, kuliner modern dengan aneka rasa saya yakin juga tersedia bagi pengunjung.

 

Pengunjung Bukit Wisata Bengkaung dan Owner Kedai Taman Langit

Bisa Dijadikan Inspirasi bagi Desa Lain

Keberadaan bukit wisata Bengkaung, yang kini popular di kalangan banyak orang, tetnu bukan sim sala bim, abra kadabra. Keberadaannya sudah pasti tidak terlepas dari inisiatif-inisiatif dan kreativitas anak muda yang punya keinginan besar untuk berkarya dan mengembangkan diri melalui jalur bisnis per-kedaian, atau entah apa namanya.  

Dalam konteks ini pula, popularitas bukit Bengkaung, tidak terlepas berkat dukungan dari warga serta pemerintah desa (Pemdes) setempat. Tanpanya, boleh jadi mustahil. Sebab, orang yang punya keinginan besar dan supporting modal yang kuat, tak bisa berjalan seorang diri, tanpa dukungan pemerintah desa, dan masyarakat setempat.

Geliat wisata yang sedang yang sedang berpihak di sekitar bukit Bengkaung, saat ini, hal ini tentu sangat baik, positif, sebab bisa berdampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat sekitar. Dampak tersebut tak hanya di satu aspek, tetapi juga aspek-aspek lain terutama sekali aspek ekonomi.  

Semoga desa-desa di kabupaten Lombok Barat bisa menjadi inspirasi bagi desa-desa lain. Akhirul kalam, apapun bentuk sesuatu yang sedang ditonjolkan, disosialisasikan, digembar-gemborkan, konsepnya adalah tetap menjaga, mengembangkan. Satu lagi, harus ada inovasi-inovasi yang tiada henti untuk dikembangkan agar bukit wisata Bengkaung, tak hanya berjalan semusim, tetapi setiap musim, eksistensinya terus terjaga dan semakin menarik minat orang untuk datang berkunjung. Semoga.


Post a Comment

Previous Post Next Post