IKHLAS: Membuat Hati Kita Lapang



 


By: EL NIZAM*)

 

Ayo saling menguatkan dan mendoakan. Yang dikecam, tetap sabar, Tuhan menyiapkan sesuatu yang indah bagimu. Yang dibela, jangan jumawa, suatu saat Tuhan akan menyempitkan hatimu sebagai balasan.

 

SEMPATBACA- Setiap kita pasti pernah merasakan perlakukan tidak adil. Dari perlakuan tersebut, hati pun tergores luka. Kita pun harus memikul rasa sakit hati sendiri. Sesekali, kadang timbul dalam perasaan kita untuk membalas perlakukan itu. Bahkan ketika disakiti/diperlakukan tidak adil saat itu, rasa-rasanya, wajah orang yang menyakiti itu hendak kita cincang habis-habis, seperti sepotong daging.

Orang yang memperlakukan kita tak adil itu, pelakunya, kadang-kadang tidak jauh-jauh; bisa tetangga, teman rumah, kerabat, rekan kerja, rekan se-partai, pacar dan bahkan orang yang paling kita cintai sekalipun.

Sebaliknya, gara-gara perbuatan kita juga, teman dan sahabat serta orang yang kita cintai, pernah merasakan juga perlakuan tidak adil itu dari kita. Karena sikap dan tindakan kita. Bahkan kadang, perlakukan kita, lebih dari itu. Bukan hanya sadis tetapi juga sangat kejam.

Saya pernah merasakan itu. Bukan sekali. Tapi berkali-kali. Yang lain, saya yakin juga pernah mengalami. Syukurnya, kita bisa bertahan. Bisa melewati masa-masa yang kita anggap sulit untuk kita lupakan.

Menghadapi itu semua, salah satunya mampu memahami hakikat ikhlas. Ikhlas. Ya itu kuncinya. Sikap ikhlas ini acapkali kita dengar dari orang tua dan guru guru kita. 

Kita harus terus belajar ikhlas. Sebab kerugian dan keberuntungan suatu saat pasti menimpa kita. Hari ini beruntung, boleh jadi di lain waktu kita jauh dari keberuntungan itu. Dan untuk membendung perasaan tidak menentu akibat keduanya tak selalu berpihak ya itu: ikhlas.

BACA JUGA : Membersamai MIMPI Rektor UNU NTB

Waktu terus bergulir, kehidupan terus berjalan. Karena itu, mari saling menguatkan, saling mendoakan agar semua kita kuat dan tegar menjalani pahit getir kehidupan. Hidup ini ladang ujian. Hidup ini: tempat kita diuji oleh sang pencipta apakah kita kuat atau tidak. Biarkan mengalir dan pasrahkan segala sesuatunya hanya pada sang pencipta. Asal kita telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi segala persoalan yang kita haapi. Pepatah klasik bilang, “Let's gone by the time,” ungkapan ini layak kita cam kan di kepala .

**

Suatu hari, seorang kawan saya, yang sedang menyelesaikan studi S2 cerita, tentang betapa berat apa yang dilaluinya. Dia bilang: “Kok lama gini ya. Lama sekali proses kita kuliah S2”.  

Mendengar itu aku tersenyum.

Dan setahun kemudian saya bertemu. Tak pernah saya bayangkan bisa bertemu dengannya. Tetapi memang, Allah selalu punya rencana untuk mempertemukan seseorang. Di Kedai si Fulan, di situlah saya bertemu. Kami pun ngobrol panjang lebar.

Teman itu lantas berkata kepada saya, "Serasa kemarin ya. Kok begitu cepat".

“Padahal baru kemarin ya. Beneran lho," desahnya, sembari menghisap rokok di jemarinya.

Aku pun hanya tersenyum. Kita kembali melanjutkan obrolan tentang banyak hal. Waktupun mengharuskan kita berpisah. Setiap pertemuan, pasti ada perpisahan. Sebaliknya begitu.

**

Dari sepenggal kisah itu, bisa kita petik pelajaran berharga tentang waktu, tentang proses dan tentang sebuah perjuangan dalam hidup ini.

Dapat ditulis kembali berdasarkan kisah itu bahwa : “Ketika sedang berproses dalam apa yang hendak kita kejar, kita tuju dan perjuangkan untuk mencapai harapan, impian dan cita-cita, seringkali perasaan kita dihampiri perasaan tak sabar, lalu kesal. Sebabnya, karena dalam proses yang sedang kita lalui itu, waktu berjalan sangat lambat. Lambat sekali. Kemudian, begitu sudah kita lalui, kita lewati proses itu, waktu berjalan begitu cepat. Saking cepat, hingga tidak terasa”.

Sejatinya waktu bergerak. Terus bergulir. Kerja detak pada detiknya tiap saat melewati bundaran yang dikreasikannya pada dinding ‘jarum’ jam, seperti melogikakan kebutuhan manusia agar memahami waktu: BAGAIMANA atau SEBERAPA JAUH kita menjalani hidup?.

Banyak orang menggambarkan dengan beragam perumpamaan, contoh-contoh mengenai hidup dan kehidupan.  Ada yang bilang bahwa hidup ini ibarat roda berputar. Kadang seseorang berada di atas, lalu kemudian suatu saat akan berada di bawah. Ada yang bilang, “Hidup ini ibarat sawah. Sawah ini mengharuskan kita untuk merawat dan menanaminya dengan padi dan tumbuh-tumbuhan yang lain agar seeorang bisa memetik hasilnya suatu saat”. Banyak lagi, perumpamaan, contoh-contoh yang kerap kita sematkan dalam hidup ini.

Maka, saya juga bisa bilang bahwa hidup itu: ibarat pasang surut ombak. Beberapa saat berada di depan, dan beberapa saat kemudian, malah balik ke belakang.

Tentang ombak--Wayne Presnell, salah seorang pakar meteorologi mensimulasikan terbentuknya ombak secara sederhana, dengan cara meniup semangkuk air, maka seperti itulah gelombang di laut itu terbentuk. Katanya, ketika angin bertiup ke laut, ombak akan datang ke daratan sebagai akibat dari bentuk cekungan laut.

Saya pikir menarik sekali yang dikemukakan Presnell. Dahsyatnya bentukan ombak bisa diamati jika suatu waktu, kita merenung sejenak sembari duduk  menikmati indahnya suasana di bibir pantai.

Pasang surut 'ombak', gambaran bahwa dalam kehidupan ini, tak selamanya berada di depan. Tapi kadang kita berbalik ke belakang, terseret arus dan kencangnya hembusan angin. Hiduplah untuk saling menguatkan. Saling mendoakan.

Kata penyair Afnan Malay (2012), kita menjalani hidup bagai sebuah ruang rahasia yang profan dan melingkar-lingkar. Kita butuh kepastian. Tapi kenyataannya, kita bukan mesin yang bergerak secara eksakta. Mesin tidak menyediakan tebakan apapun.

Hidup adalah serentetan misteri, penuh rahasia, yang bergerak dari satu teki menuju teka teki yang lain.

Mudahan kita tetap istiqomah memanfaatkan waktu. Ayo saling menguatkan dan mendoakan. Yang dikecam, tetap sabar, Tuhan menyiapkan sesuatu yang indah bagimu. Yang dibela, jangan jumawa, suatu saat Tuhan akan menyempitkan hatimu sebagai balasan. Kita nikmati saja. Ikhlas karena itu sangat dibutuhkan (bersambung).

Post a Comment

Previous Post Next Post