Langkah Berikut, Bikin Nulis jadi Gampang (1)

                                  


SEMPATBACA.com- Banyak orang pandai nulis, tapi tak sedikit yang merasa kesulitan mulai nulis. Kalau nulis satu atau dua kalimat, saya pikir gampang. Atau kalau mau bikin paragraf juga tidak terlalu sulit.

Yang sering jadi masalah adalah nulis lebih dari sekedar kalimat dan paragraf atau sebut saja, misalnya sebuah tulisan itu sedikitnya terdiri dari 500 atau maksimal 1000 kata. Kesulitan demi kesulitan kita bisa temukan di situ.


Begini cara saya menulis. Terlepas dari enak dibaca orang atau tidak. Nulis dan terus nulis


Saya kira jika kita mau nulis ada langkah penting yang harus diketahui bagi yang mau belajar atau menekuni dunia tulis-menulis. Misalnya apa sich aktivitas menulis, membuat sebuah tulisan? Ia harus faham dulu itu: ini yang pertama. Lalu kemudian, kita tahu apa itu kalimat dan paragraf. Kalau ini sudah kita fahami, saya yakin menuangkan ide, gagasan dan pikiran yang ada di kepala gampang.

Menulis adalah aktivitas menuangkan ide dan gagasan, pikiran dan perasaan kita ke dalam bentuk tulisan. Jika Tulisan itu sudah jadi, kita jadi tahu, itulah pikiran-pikiran yang ada di kepala kita. Itulah tulisan si penulis, tentang  apa yang ingin dibahas, dinyatakan dalam satu tulisan.

Berdasar pengalaman yang saya lalui, jika seseorang mudah ingin menuangkan pikiran dan gagasannya dalam satu tulisan, singkirkan ‘kebekuan’ sesuatu yang bikin ribet mulai nulis’.

*) MASYHUR: Penulis adalah Redaktur Pelaksana sempatbaca.com


 

Post a Comment

Previous Post Next Post